Caption

Caption
Dust Collector

Friday 15 April 2011

Memilih Boiler Untuk KD

Boiler merupakan sumber panas bagi Kiln Dry kualitas maupun kecepatan hasil pengeringan sangat ditentukan oleh Boiler, berikut adalah hal2 yang perlu dipertimbangkan dalam memilih boiler untuk KD :
  1. Tentukan kapasitas KD yang dibutuhkan serta yang kemungkinan ada penambahan dikemudian hari. Perhitungan seperti pada posting energi panas untuk KD.

  2. Pilih akan menggunakan boiler bekas atau baru, kalau boiler bekas tentu harus cermat dalam memilih, peralatan apa saja yang masih dapat dipakai/peralatan apa saja yang harus diganti atau dimodifikasi.

  3. Akan menggunakan bahan bakar apa? apakah : a. Minyak Solar (menggunakan burner untuk pembakaran solarnya) ; b.Gas (sama seperti solar gas juga menggunakan burner untuk pembakarannya); c.Limbah kayu/serbuk kayu (gambar dibawah terdapat tungku di depannya); d. Batu bara; e. Cangkang sawit; f.Sekam padi. 

  4. Media yang akan dipanaskan apakah menggunakan : a. air panas (hot water); b. Uap air (steam) ; c. Olie (thermal oil). Masing2 mempunyai kelebihan dan kekurang
    annya, dari segi biaya paling murah adalah Hot water. Tapi Hot water boiler umumnya hanya mampu sampai suhu 100 deg celecius, tidak bisa digunakan bila kita memerlukan pengeringan dengan suhu tinggi (90~100 C) dan waktu pengeringan yang cepat. Lebih baik menggunkan Steam Boiler (suhu steam rata2 150 C pada tekanan 6 Bar) hanya saja karena peralatan dan materialnya mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Hot water Boiler, maka harganya pun lebih mahal.

No comments:

Post a Comment